Senin, 22 April 2013

Pengantar Komputasi Modern


Teori Komputasi
Merupakan cabang dari ilmu komputer dan matematika yang membahas mengenai pemecahan masalah menggunakan model komputasi. Terdapat dua cabang pada bidang ini, yaitu teori komputabilitas dan teori kompleksitas yang keduanya berurusan dengan model formal komputasi.
Dapat juga diartikan metode untuk menemukan pemecahan masalah menggunakan suatu algoritma. Komputasi berbeda dengan ilmu koputer karena dapat memberikan pemahaman baru melalui penerapan model matematika pada program komputer berdasarkan lancasan teori yang telah ada.

Contoh implementasi pada beberapa bidang :
Fisika
Menyelesaikan eksperimen simulasi serta maslah yang analitik dan kompleks dengan bantuan metode numerik dalam bentuk program komputer.

Kimia
Mungkinkan menghitung sifat molekul yang kompleks dan hasil perhitungannya berkorelasi secara signifikan dengan eksperimen. Dalam eksperimen komputer, model masih tetap

Matematika
Menggunakan teknik komputasi matematika dan algoritma yang ada guna memecahkan masalah yang ada.

Ekonomi
Memecahkan permasalahan statistika dan keuangan dengan mengembnagkan program khusus untuk komputasi ekonomi guna membantu pendidikan ekonomi.

Geologi
Membantu memperkirakan cuaca dengan mengolah gejala alam sehingga dapat menghindari dampak dari bencana alam yang akan terjadi

Geografi
Memetakan kondisi wilayah pada suatu daerah agar dapat megetahui strukturnya.

Referensi Referensi Referensi Referensi Referensi Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com