Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.
Dalam hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Selanjutnya Kotler (1985 : 45-48) mengemukakan bahwa marketing mix dapat dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
1. Product (Produk)
2. Price (Harga)
3. Place (distribusi/tempat)
4. Promotion (promosi)
Saya akan memberikan contoh penerapan Marketting Mix 4P pada Bhinneka yang
merupakan website terkemuka penyedia berbagai macam perangkat elektronik.
1. Produkmerupakan website terkemuka penyedia berbagai macam perangkat elektronik.
Produk elektronik yang ditawarkan oleh bhinneka meliputi komputer, gadget, fotografi, dll.
2. Price (Harga)
Harga yang ditawarkan pun cukup murah jika dibandingkan dengan toko online lain. Selain itu harga yang ditawarkan juga masih dapat ditawar atau jika beruntung anda akan mendapat potongan harga atau bonus.3. Place (distribusi/tempat)
Untuk menjaga eksistensinya, maka bhinneka juga memiliki toko yang tersebar di beberapa daerah.
4. Promotion (promosi)
Banyak promosi yang ditawarkan oleh bhineka, apalagi jika sedang ada event atau hari besar. Selain itu juga terdapat promosi pembayaran menggunakan kartu kredit.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar