Minggu, 30 September 2012

Pengenalan Bisnis Informatika




Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri mencakup produk dan cara pemasaran suatu produk.



Sebagai contoh, saya menggunakan perusahaan asal Korea Selatan yaitu LG Electronics. Perusahaan ini kian sukses dengan berbagai produk yang mereka pasarkan. Berbagai macam perangkat elektronik mereka ciptakan.


LG sendiri memiliki visi dan misi sebagai berikut :
VISI :
Memimpin pergerakan konvergensi digital. 
Penjabaran visi: 
LG meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, LG Electronics akan menemukan solusi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital, dan agar masyarakat dapat menemukan peluang baru. 
Tujuan LG adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yangmenciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan LG sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

MISI :
Menjadi "digital e-Company" yang terbaik.
Penjabaran misi : 
1. DigitalUntuk menciptakan produk dan layanan teknologi yang memimpin industri. 
2. Menempatkan manajemen dan proses produksi yang paling efisien.
3. Perusahaan Mempertahankan fokus yang mantap untuk memperkuat organisasi kami, demni terus menjadi pemimpin teknologi global dan perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab.

Untuk merekrut karyawannya, LG biasanya berpartisipasi dapat job fair atau mengiklankan lowongan kerja pada media cetak. Untuk beberapa bagian seperti R & D Staff, mereka memberi standar minimal pendidikan S1 dengan IPK minimal 2.8. Apabila pendaftar memiliki keahlian tertentu, itu akan menjadi nilai tambah dan mendapat prioritas dari LG. Pendaftar perlu memasukkan berkas lamaran yang tersedia pada stand LG pada saat job fair atau mengirim melalui e-mail. Jika berkas mereka lolos tahap seleksi, selanjutnya mereka akan melaui serangkaian tes seperti interview, tes keahlian, dan tes kesehatan.

LG Electronics memiliki komitmen berdasarkan kode etik guna menjalankan tanggung jawabnya. Untuk memenuhi tanggung jawab pada konsumen, LG mempunyai prinsip antara lain : 
1. Menghargai Konsumen. 
LG berpendapat bahwa menghargai konsumen merupakan sebagai standard utama untuk mengambil keputusan dan tingkah laku perusahaan. 
2.  Menciptakan Nilai
LG terus menerus menciptakan nilai kegunaan yang menguntungkan dan memuaskan konsumen karena itu merupakan fondasi dan kemakmuran bagi LG.
3. Menyediakan Nilai.
LG selalu berupaya jujur dan menepati janji mereka terhadap konsumen serta menawarkan produk dengan kualitas produk dan pelayanan terbaik.

Selain itu LG juga memiliki kode etik guna memenuhi tanggung jawab kepada masyarakat dan negara, antara lain :
1. Pengembangan Bisnis yang Rasional
LG mendirikan usahanya serta menghormati nilai social di domestic dan luar negeri. Juga memajukan perusahaan dengan perluasan bisnis berdasarkan pertumbuhan perusahaan.
2.      2. Melindungi Kepentingan Pemegang Saham
LG melindungi pemegang saham dengan memberikan keuntungan secara sehat.
3.      3. Kontribusi Kepada Pengembangan Sosial
LG memberikan kontribusi melalui penciptaan lapangan kerja, pembayaran pajak, memajukan budaya, dan program kesejahteraan.
4.      4. Pemeliharaan Lingkungan
LG berusaha untuk mencegah polusi lingkungan dan memelihara sumber daya alam.

Referensi 
Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com