Jumat, 08 April 2011

Membuat Website

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat tahapan untuk membangun sebuah website. Langkah awal yang diperlukan sebelum membuat webite adalah menentukan tujuan pembuatan website, kemudian website jenis apa yang yang akan dibuat, dan terakhir adalah proses pembuatan website tersebut. Setelah itu diperlukan pemahaman tentang domain, hosting, dan software website.

Pertama, domain merupakan nama atau alamat sebuah website yang terdiri dari nama website dilanjutkan dengan extension. Extension digunakan untuk mewakili kategori website, misalnua .com untuk komersial, .net untuk kepentingan jaringan, dan lain-lain. Extension tersebut merupakan Top Level Domain (TLD) dan ada juga country Top Level Domain (cTLD) seperti .co.id dan .co.cc yang mewakili website dari Indonesia. Pemilihan nama domain sebaiknya yang mudah diingat dan unik agar mudah dikenal orang. Ada beberapa domain yang memerlukan registrasi tiap tahunnya yang jika tidak diperpanjang domain tersebut akan dapat digunakan oleh orang lain setelah domain tersebut expired.

Kedua, hosting adalah tempat kita meletakkan data-data website yang akan dibuat di sebuah server yang terhubung jaringan internet. Harga sebuah hosting bermacam-macam tergantung dari fasilitis yang diberikan dan dapat menggunakan hosting dari dlam atau luar negeri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan hosting adalah sistem server, besar space yang diberikan, besar bandwitdh yang diberikan, domains allowed(jumlah website yang dapat digunakan dalam hosting), dan jumlah database yang diijinkan.

Yang terakhir adalah software website. Software website digunakan untuk menentukan bentuk suatu website. Terdapat software website open source seperti blog wordpress, joomla, dan lain-lain. Software website tersebut banyak digunakan dalam pembuatan website karena sifatnya yang open source sehingga bebas digunakan oleh siapa saja. Namun harus diperhatikan agar tampilan dan isi dari website yang akan dibuat tidak sama dengan contoh yang telah ada. Jika kita ingin membuat website dari awal agar tidak sama dengan website yang telah ada namun tidak menguasai bahasa pemrograman, kita dapat menggunakan beberapa software yang dapat digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Adobe Dreamweaver merupakan salah satu software yang direkomendasikan bagi pemula. Ada juga software artiseer yang penggunaannya sangat mudah dengan
ara drag n drop sehingga kita lebih leluasa untuk mengatur tampilan website kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com