Selasa, 27 September 2011

GIMP, Perangkat Lunak Desain Grafis yang Gratis!

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang perangkat lunak gratis untuk desain grafis yaitu GIMP (GNU Image Manipulation Program). Mengapa GIMP? Karena perangkat lunak ini mulai banyak peminatnya sebagai alternatif dari Adobe Photoshop yang merupakan perangkat lunak berbayar dan untuk menghindari pembajakan. Banyak orang masih beranggapan bahwa perangkat lunak yang gratis hasilnya tidak akan maksimal, mungkin hal itu memang ada benarnya.

Namun GIMP menunjukkan bahwa kualitas dari perangkat lunak gratis saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari tampilan pun sudah mengalami banyak perubahan sehingga user yang telah terbiasa menggunakan Adobe Photoshop tidak akan mengalami banyak kesulitan. Alat-alat yang tersedia untuk membuat desain grafis juga telah banyak ditambahkan.

Oke, saya akan sedikit menjelaskan tentang asal muasal dari perangkat lunak ini. GIMP atau GNU Image Manipulation Program merupakan perangkat lunak yang berjalan pada desktop GNOME yang dikembangkan oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball dengan versi pertama yaitu 0.54 pada tahun 1996. GNU sendiri merupakan singkatan dari General Public License yang dari namanya saja sudah menjelaskan bahwa perangkat lunak ini gratis.

Mulanya GIMP hanya digunakan untuk platform Unix dan secara default telah di sediakan di hampir seluruh distro Linux. Namun seiring kebutuhan akan perangkat lunak yang terjangkau, maka GIMP saat ini dapat digunakan pada platform Windows dan Mac OS. Hasil kerja dari GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar yang banyak digunakan seperti bmp, jpg, gif, dan lain-lain.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh :
- Painting tools, di dalamnya terdapat brush, pencil, dll.
- Tile-based memory management, gunanya adalah ukuran gambar dibatasi oleh harddisk.
- Layers dan channels yang mirip seperti di Adobe Photoshop.
- Selection tools.
- Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.
Kelebihan lain adalah GIMP menyediakan fasilitas ekspor atau impor berkas Adobe Photoshop.

Masih ragu dengan GIMP? Coba dan buktikan sendiri kelebihannya. Karena meskipun menggunakan perangkat lunak berbayar namun tidak memiliki kemampuan untuk desain grafis yang memadai, maka hasilnya juga akan sama saja. Selain itu, mari kita mulai untuk menghindari pembajakan perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak gratis yang berkualitas. STOP PEMBAJAKAN!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com