Jumat, 22 Oktober 2010

Tentang Wikipedia

Saat ini Wikipedia merupakan sebuah situs referensi untuk mencari istilah-istilah yang banyak digunakan. Banyak orang menggunakannya namun tidak semua mengetahui seluk beluknya. Berdasarkan pada info yang diperoleh, Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang isinya merupakan tulisan dari berbagai kontributor dari seluruh dunia. Wikipedia merupakan situs "wiki" yang bearti siapa saja dapat menggunakan serta memperbaiki informasi yang terdapat di dalamnya. Kata "wiki-wiki" sendiri berasal dari istilah Hawaii, yang artinya "cepat" atau "super cepat". Wikipedia diprakarsai oleh Jimmy Wales, Larry Sanger dan beberapa antusias bahasa Inggris pada 15 Januari 2001. Meskipun berstatus "bebas", namun semua informasi yang terdapat dalam Wikipedia dilindungi oleh lisensi ganda Creative Commons A-PS dan GFDL.

Tidak ada jaminan bahwa semua informasi yang terdapat dalam Wikipedia. Apalagi informasi tersebut dapat diperbaiki oleh siapa saja. Namun, yang akan lebih baik jika mencari sumber lain, seperti website lain atau buku referensi, sehingga dapat dibandingkan isi informasi tersebut dan dapat diketahui bagian-bagian yang salah. Karena salah satu kata saja dapat berakibat pada berubahnya makna informasi tersebut.

Selain Wikipedia, banyak terdapat situs ensiklopedia lainnya. Namun, karena istilah yang terdapat di dalamnya tidak selengkap Wikipedia, situs-situs tersebut tidak menjadi prioritas utama untuk situs referensi. Selain itu juga karena istilah yang terdapat di dalamnya tidak diketahui siapa penulisnya sehingga diragukan informasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com